Dari Modal Rp 300.000, Pria Ini Sukses Raup Omset Rp 90.000.000 dari Bisnis Jeruk Peras

Jeruk merupakan buah yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C-nya. Beragam jenis jeruk yang tumbuh di Indonesia antara lain ada jeruk bali, jeruk lemon, jeruk nipis dan lain-lainya. Khusus untuk jeruk nipis, khasiat yang diperoleh ketika rajin mengonsumsinya adalah dapat mengobati disentri, sembelit, ambeien, haid tak teratur, difteri, jerawat, kepala pusing atau vertigo, suara serak, batuk, bau badan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketombe, flu, demam, dan banyak lagi.

Minuman olahan buah jeruk memang selalu banyak peminatnya. Selain memang bagus untuk dikonsumsi, di negara tropis seperti Indonesia, produksi buah jeruk juga melimpah, sehingga untuk bahan bakunya tidak terlalu sulit untuk diperoleh. Terlebih pasar juga membuka peluang banyak orang untuk terjun ke bisnis ini.

Salah satunya adalah pengusaha muda bernama Deffan Dede Purnama (46). Dengan bermodalkan uang sebesar Rp 300.000, tahun 1997, dirinya mencoba peruntukan membuka usaha jeruk peras dengan brand JENIPER. Sempat mengalami jatuh bangun dalam membangun usaha, tak lantas membuatnya patah arang. Justru kendala yang dihadapinya membuatnya semakin terpecut untuk maju dan mengembangi sayap usahanya.

“Dulu saya mencoba menjual produk saya dengan cara menitipkannya ke warung-warung. Awalnya stok 100 botol syrup dengan harga Rp 6.000. Tapi yang laku hanya 40 sisanya kemudian saya bagikan ke tetangga-tetangga,” ujarnya mengenang masa-masa awal membangun usaha.

Namun tanpa disadari, niat awalnya yang hanya ingin berbagi, justru membuka jalan untuk bisnisnya. "Waktu itu ada tetangga saya yang mendapatkan hibah syrup saya yang tersisa. Terus dia suka, terus dia promosiin tuh produk saya ke orang-orang. Danalhamdulillah dari situ produk saya pun mulai banyak dilirik banyak orang," kenangnya bangga. Tidak sampai di situ, di tahun yang sama Pemerintah Kabupaten (PemKab) Kuningan juga menetapkan jeruk nipis sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Kuningan. Hal ini kemudian membawa angin segar bagi dirinya dalam mengelola bisnis yang digelutinya.

Promosi. Untuk memperkenalkan brand JENIPER yang lebih luas lagi, atas inisiatif sendiri ia pun rajin mengikuti sejumlah pameran dan bazar yang digelar. Tak hanya itu saja, pria lulusan Universitas Pakuan Bogor, jurusan Akuntansi ini mulai menelurkan produk baru, meskipun masih berbasis jeruk nipis peras, namun dengan kemasan langsung minum yang berukuran 140 ml dengan harga Rp 1.500 per botol. Produk baru ini ternyata mendongkrak kepopularitasan brand JENIPER, karena banyak sekali peminatnya.

Sehingga seiring berjalannya waktu, bisnis yang diusungnya semakin berkembang pesat, puncaknya di tahun 2005 suami dari Nunung Nurleha ini mampu memproduksi 30.000 botol per bulannya. Dari modal Rp 300.000.000, ia kini dapat meraup omset sebesar Rp 90.000.000. 

Agen yang bergabung untuk memasarkannya pun semakin berkembang, dengan total sekitar 115 agen yang tersebar di wilayah JABODETABEK, JABAR, dan Jogja. Dengan harga perbotol yang ditawarkan dari Rp 5.000 hingga Rp 20.000

“Dari total 115 agen kami, 60 %-nya sebagian besar berasal dari Kuningan dan Cirebon, agen juga bebas menentukan harga jual produk ini ke konsumen,” kata Deffan saat dihubungi via pesawat telephon oleh JITUNEWS

Menghadapi persaingan. Untuk mensiasati persaingan dengan kompetitor yang ada di pasaran, Deffan optimis bahwa brand JENIPER mampu bersaing. Ia mengklaim kelebihan produknya terletak pada kualitas yang selalu dijaganya. “Produk JENIPER selain menggunakan bahan baku lokal berkualitas tinggi, juga selalu kami uji coba di laboraturium. Hal ini bertujuan untuk selalu menjaga mutu produk,” terang Deffan

Selain itu, ia menjamin produknya menggunakan buah asli yang diperas, sehingga tidak menggunakan ekstrak seperti produk lain yang marak dipasaran.

“Memang harga kami lebih mahal di pasaran, namun kami bisa menjamin pembeli tidak akan kecewa dengan produk yang kami tawarkan," tutupnya di ujung pembicaraan.

(sumber: http://www.jitunews.com/read/21534/dari-modal-rp-300-000-pria-ini-sukses-raup-omset-rp-90-000-000-dari-bisnis-jeruk-peras)

Facebook Twitter WhatsApp LINE Addthis