Bulog Janjikan Perbaikan Infrastruktur Pascapanen

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Perum Bulog mengupayakan untuk melakukan perbaikan infrastruktur pasca panen. Sebab pemerintah disebut masih belum peka atas infrastruktur pasca panen.

Direktur Utama Bulog Djarot Kusumayakti mengatakan, saat ini semua pihak masih membicarakan permasalahan pada saat panen. Untuk itu kedepannya pemerintah juga akan memerhatikan pascapanen.

"Jadi setelah panen, lahan ini akan diperbaiki kembali sehingga produktivitas panen di waktu berikutnya menjadi lebih baik," ujar Djarot di kantor Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian, Rabu (6/4).

Djarot menyebut, perbaikan ini nantinya akan menyasar dari bagaiamana alat panen yang bagus, mekanisasi, pengering gabah yang efisien dan ideal, sehingga mampu berdampak untuk mengurangi jatuhnya mutu produksi. Selain itu, Bulog juga berharap bisa memperbaiki sistem penyimpan beras agar bisa tahan lama dengan kualitas bermutu.

Untuk anggaran perbaikan infrastruktur pascapanen, Djarot belum bisa memprediksi dan menyebut angkanya. Sebab pihaknya baru mempersiapkan tim antar departemen dari Kementerian seperti Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Pertanian (Kementan) hingga Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

"Ini (anggaran) tergantung nanti targetnya akan seperti apa. Tapi kalau ini berjalan, pasti hasilnya baik," jelas Djarot.

(sumber: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/04/06/o57w5v219-bulog-janjikan-perbaikan-infrastruktur-pascapanen)

Facebook Twitter WhatsApp LINE Addthis