Mentan Sebar Bibit Buah untuk 'Investasi' Keluarga Miskin

Prima Fauzi - detikFinance

Cianjur - Kementerian Pertanian (Kementan) giat menjalankan program pengentasan kemiskinan lewat usaha pertanian. Salah satunya dengan pembagian bantuan jutaan bibit pohon untuk keluarga yang dianggap kurang mampu. Ibarat investasi, hasil dari pohon tersebut bisa dipanen dan dijual sebagai sumber pendapatan tambahan. 

Total bibit tanaman yang dibagikan mencapai 30 juta batang yang dibagikan per cluster, dengan mengikuti jenis keunggulan dan masing-masing kebiasaan daerah setempat. Bantuan berupa bibit tanaman seperti jeruk, durian, mangga, kopi dan sayuran melalui program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja).

"Satu cluster kita hitung-hitungan 1.000 hektar. Kalau 1.000 hektar dikali 100 berarti 100 ribu pohon. Kalau 5 pohon per rumah tangga berarti 25 ribu rumah tangga satu cluster. Satu cluster ini bisa berdiri satu industri," jelas Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Cianjur, Senin (23/4/2018). 

Dengan adanya pemberian bibit yang seragam dalam dalam satu cluster yang terdiri dari satu hingga lima kecamatan, sambungnya, maka diharapkan hasil produksi dari bibit yang ditanam akan jadi sumber komoditas di daerah tersebut.

"Sehingga kami harapkan dua, tiga atau lima kecamatan itu tanamannya seragam. Contoh di sini tanam durian, semua tanam durian. Lima pohon per rumah tangga sehingga nantinya terbentuk satu industri. Kemudian kecamatan berikutnya bisa saja jeruk," kata Amran.

Selain lewat distribusi jutaan bibit pohon, lanjutnya, pihaknya juga menargetkan 1000 Desa di 100 Kabupaten di Indonesia bakal menerima bantuan 50 ekor ayam per kepala keluarga (KK). Bantuan akan dilakukan secara terus menerus kepada petani prasejahtera.

"Kita me-launching program Bekerja atas perintah Bapak Presiden. Atas arahan Bapak Presiden kami berikan 10 juta ekor ayam untuk 1000 desa di 100 kabupaten. Program ini kami lanjutkan terus-menerus sampai petani petani keluarga prasejahtera atau miskin selesai," ujar Amran.

 

Facebook Twitter WhatsApp LINE Addthis