Export Bussiness Coaching

Export Business Coaching (EBC) adalah  suatu kegiatan pembelajaran dan pendampingan para produsen atau pengusaha buah-buahan nusantara potensial yang memiliki kemampuan  menjadi eksportir. Pelatih maupun pendamping berasal dari praktisi eksportir.  Keuntungan yang diperoleh peserta antara lain: 1) mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai bisnis ekspor; 2) memahami bagaimana menjadi eksportir; 3) memahami bagaimana menentukan kombinasi produk dan pasar yang tepat; 4) memahami bagaimana strategi memasuki pasar ekspor; dan 5) mendapatkan Leason Learned langsung dari praktisi ekspor yang berpengalaman.  Export Business Coaching angkatan  I telah diselenggarakan pada tanggal 9 -11 Agustus 2016 di Hotel IPB Bogor sebagai rangkaian program kegiatan Fruits Indonesia 2016 yang puncaknya akan diselenggarakan 17-20 November tahun 2016 di Parkir Timur Senayan Jakarta. Peserta EBC angkatan I  dari berbagai propinsi berjumlah  39 orang, 1 orang peserta dari Sultra mengndurkan diri.   Angkatan ke II akan diselenggarakan 13-15 September 2016 di tempat yang sama. EBC diselenggarakan oleh kementrian Pertanian bekerjasama dengan IPB  tanpa dipungut biaya.  

Harapan  penyelenggaraan EBC tersebut antara lain  diharapkan peserta akan meningkat  kemampuannya dalam berusaha hortikultura dan  menjadi eksportir yang berdaya saing kini dan mendatang. Diharapkan pula kedepan Indonesia mampu merebut peluang pasar ekspor yang terbuka luas dan akan mampu memenangkan persaingan global di era perdagangan bebas kini dan mendatang. Dengan kemampuan pengusaha yang semakin meningkat, setidaknya kita mampu membentengi membanjirnya produk hortikultura impor ke Indonesia.  

Dari dua angkatan sebanyak 80 peserta akan diseleksi menjadi 30 orang peserta untuk ikut program pendampingan intensif lanjutan sampai dengan November 2016, dengan membayar Rp.950.000,-. Mengikuti Training Efective Trade Fair Participation and Bussiness Matchmaking 26-27 Oktober 2016 dan Technical Meeting 27 Oktober 2016. Selain iitu akan dapat kesempatan hadir dalam acara Open Ceremony yang akan dihadiri Presiden RI,, mendapat discount khusus stand pameran/ bursa, mengikuti conference/ forum buah Nusantara. Yang unik, para peserta membentuk komunitas pengusaha eksportir muda dan langsung link dengan komunitas buyer internasional potensial. Saat  penutupan EBC angkatan I, terdapat  satu peserta dari Sumatera Utara yang mendapatkan tawaran kesempatan ikut pameran dagang di Taiwan secara gratis.

Diharapkan peserta nantinya menjadi eksportir hortikultura yang sukses dimasa mendatang, khususnya ekspor buah.  Eksport Business Coaching, diharapkan dapat diselenggarakan tiap tahun untuk mencetak eksportir yang lebih banyak sebagai upaya bersaing menghadapi perdagangan bebas kini dan mendatang, khususnya MEA. Sukses untuk eksportir hortikultura muda. Sukses eksportir hortikultura Indonesia. (Subdit Pascapanen)

Facebook Twitter WhatsApp LINE Addthis